Review Kekurangan dan Kelebihan Xiaomi Mi4i

Setelah dengancara sah diumumkan di bulan April akhir kemarin di India, smartphone flagship Xiaomi Mi4i akhirnya ada juga pada Indonesia. Perangkat yang adalah saudara termuda kandung berasal Xiaomi Mi4 ini memang sangatlah dinantikan lantaran mengusung spesifikasi tinggi memakai harga yang terjangkau.

Sebenarnya supaya kurang tepat juga jika kita menyebutnya menjadi smartphone flagship lantaran spesifikasinya lebih rendah berdasarkan Xiaomi Mi4. Mungkin Xiaomi Mi4i ini lebih paripurna dianggap menjadi smartphone sophisticated dalam kelas menengah.



Apapun itu sebutannya yg jelas smartphone ini berhasil menarik perhatian orang-warga, berdasarkan para pecinta gadget dalam semua dunia. Nah kali ini kami akan membahas beraneka ragam kelebihan dan kekurangan asal Xiaomi Mi4i ini. Tetapi sebelumnya yuk kita simak spesifikasi ringkas menurut smartphone ini:

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 1080 x 1920 Pixels (441 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, dua GB RAM
  • Memori eksternal: Tidak ada
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 “64-bit”
  • CPU: Octa Core 1.7 GHz, Cortex-A53 + Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0.2 (Lollipop)
  • Kamera primer: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: dual-LED flash (dual-tone), Sony / Samsung camera, Aperture F/dua.0, lima-element Lens, Magic Focus, Auto Focus, Touch Focus, Geo-tagging, Touch Focus, Face and Smile Detection, Panorama dan Real Time HDR
  • Kamera depan: 5 MP, video record 1080p@30fps
  • Baterai: Li-Polimer 3120 mAh


Desain & Layar
Salah satu keunggulan yang coba ditonjolkan oleh Xiaomi Mi4i merupakan desainnya. Ya, smartphone ini datang menggunakan bodi yang compact & juga enteng. Smartphone ini mempunyai dimensi sebanyak 138.1 x 69.6 x 7.8 mm & berat 130 gram.

Ukuran tadi pasti amat kecil bila menengok besarnya layar serta baterai yg dimilikinya. Dalam sebuah video, oleh vice president Xiaomi Hugo Barra mengambarkan bahwa komponen dalam Xiaomi Mi4i dibentuk serapat mungkin sebagai olehkarenaitu tidak terdapat celah yang tersisa.

Pada bagian depan smartphone ini Anda dapat menemukan layar 5 inci protesis Sharp yg mempunyai resolusi Full HD 1080p. Layar tadi dilindungi oleh lapisan Corning OGS (One Glass Solution) yang dianggap setara dengan Gorilla Glass tiga.

Salah satu perangkat mengagumkan menurut layar tersebut adalah Sunlight Display. Dengan feature tersebut Anda permanen sanggup menilik layarnya menggunakan kentara meskipun berdomisili di bawah cahaya surya yg relatif terperinci. Dengan begitu Anda nir perlu lagi menyesuaikan kecerahan layarnya dengan manual.

Di atas layar tersebut masihada kamera depan 5 MP bersama logo Mi & earpiece. Sementara itu pada sisi bawah layarnya tetap terdapat 3 tombol navigasi yaitu home, back, dan recent apps. Port 3.5mm audio jack tetap ada pada bagian atas sedangkan port microUSB & mikrofon masihada dalam segi bawah.

Pada sisi bagian sebelah kanan tetap terdapat tombol volume & pula tombol power yg relatif gampang buat dijangkau sang ibu jari waktu memegangnya. Sedangkan di segi sebelah kiri masihada slot dual micro SIM card yang mampu dibuka menggunakan ejector spesifik yg disertakan dalam paket pembelian.

Pada sisi cover belakangnya tetap ada kamera menggunakan 2 LED flash & mikrofon. Di segi bawah nya konsisten ada logo Mi dan lubang speaker. Cover belakangnya ini memakai soft touch matte finish, namun Xiaomi rencananya dapat merilis juga versi glossy yang lebih cantik. Cover belakangnya ini nir bisa dilepas sebagai olehkarenaitu Anda tidak bisa menggantinya menggunakan rona yg lain.

Performa
Xiaomi tidak sempat bermain-bermain pada memilih komponen buat perangkatnya. Untuk urusan dapur pacunya, Xiaomi Mi4i mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 615 generasi ke 2 menggunakan prosesor Octa-core 1.7GHz. Chipset tersebut memungkinkan para penggunanya buat menggunakan jaringan 4G pada dua kartu SIM-nya.

Smartphone ini pula dibekali menggunakan RAM sebanyak 2 GB. Lantaran besarnya kebutuhan energi berdasar MIUI, maka umumnya RAM tersebut hanya bakal sisa kuranglebih 500 MB sampai 900 MB saja. Untungnya masihada tombol khusus yg bisa membersihkan memori RAM tadi dengan jugasekaligus.

Secara keseluruhan performa yang disuguhkan sang Xiaomi Mi4i ini relatif baik buat level smartphone kelas menengah. Anda mungkin dapat merasakan sedikit panas saat memainkan game-game berat, namun hal tersebut konsisten pada tahap wajar.

Untuk memori internalnya sendiri smartphone ini hanya dibekali menggunakan memori sebesar 16 GB. Memori tadi citarasanya relatif kecil mengingat tidak terdapat slot MicroSD yang disediakan. Pihak Xiaomi benar-benar sengaja nir memberikan slot memori eksternal lantaran dikhawatirkan akan mengganggu performa dari smartphone itu sendiri.

Untungnya smartphone ini sudah mendukung USB OTG menjadi menyebabkan Anda dapat menaruh data-data eksklusif pada dalam flashdisk. Rencananya Xiaomi pula bakal merilis Mi4i menggunakan kapasitas memori 64 GB bila begitubanyak pengguna yg menginginkannya.

Kamera
Xiaomi Mi4i hadir menggunakan kamera yg begitu memuaskan. Kamera pokoknya memiliki resolusi 13 MP menggunakan sensor yg dibentuk sang Sony maupun Samsung. Sedangkan pada bagian depannya, masihada kamera 5 MP yang bisa merekam video menggunakan resolusi 1080p.

Salah satu yg menarik asal kamera tadi merupakan adanya fitur Beautify. Fitur tadi begitu seirama bagi Anda yg suka  berfoto selfie lantaran akan mempercantik output fotonya sinkron menggunakan usia Anda. Dengan benar-benar, foto yang didapatkan akan tampak natural & tidak terkesan dibuat-buat.

Baterai & Konektivitas
Seperti disinggung sebelumnya, Xiaomi Mi4i layak diacungi jempol lantaran sanggup menghadirkan baterai besar di dalam bodinya yang mini  . Baterai tersebut memiliki kapasitas 3120 mAh & bisa dipakai buat melakukan panggilan telepon selama 35 jam non stop.

Baterai tadi dilengkapi teknologi Quick Charge yg sanggup mengisi 40% dayanya pada saat 1 jam & hingga penuh dalam saat tiga jam. Untuk berhemat pemanfaatan baterai tadi Anda jua bisa menentukan balanced model dalam pengaturannya.

Untuk konektivitasnya, Xiaomi Mi4i sudah mendukung jaringan 4G LTE dalam ke dua kartu SIM-nya. Smartphone ini jua sudah mendukung WiFi pada frekuensi 2.4GHz & 5GHz, Bluetooth 4.1, Wi-Fi direct, dan Wi-Fi display.

Harga & Simpulan
Xiaomi Mi4i telah mulai mampu dihasilkan dalam Indonesia pada akhir Mei ini dengan harga Rp dua.799.000. Harga tersebut pasti sangatlah menawan jika menengok spesifikasi yang dimilikinya. Dari review kelebihan & kekurangan Xiaomi Mi4i di atas, kita bisa menyimpulkan sejumlah poin penting tentang performanya tersebut pada antaranya:

Kelebihan

  • Desain yang compact & gampang digenggam
  • Harga yg terjangkau
  • Layar Full HD memakai teknologi Sunlight Display
  • Dual SIM 4G
  • Baterai 3120 mAh

Kekurangan

  • Memori internal 16 GB tidakdengan slot microSD
  • Sedikit panas waktu digunakan bermain game dalam performance mode

Click to comment